Burger Nyamuk Bergizi Tinggi dari Afrika


Setiap tahun, terutama saat musim hujan tiba, triliunan nyamuk keluar dari permukaan air danau Victoria, di Afrika. Kawanan yang mirip monster raksasa ini begitu banyaknya hingga memungkinkan untuk membuat seseorang mati lemas. Namun demikian, bagi warga yang tinggal di sekitar danau tersebut, kawanan nyamuk ini justru merupakan sumber protein yang sangat berharga.

Uniknya, beberapa jenis burung pun seperti sengaja bermigrasi menuju danau Victoria dan menetap sementara di tempat tersebut selama berlangsungnya musim hujan. Seolah mengisyaratkan bahwa mereka ingin turut memeriahkan 'pesta' gratis ini. Kawanan nyamuk pun terus berdengung dan menutupi setiap permukaan yang dapat mereka kuasai sekaligus pertanda berlangsungnya ritual kawin mereka. Dan tak peduli seberapa banyak kawanan nyamuk yang berhasil dilahap oleh burung-burung ataupun predator lainnya, selalu ada bagian yang cukup berlimpah untuk dijadikan santapan juga bagi penduduk setempat. Mungkin memang akan tampak menjijikan bagi yang tak terbiasa melihat seseorang menjadikan nyamuk sebagai santapan, tapi pada kenyataannya justru kawanan nyamuk merupakan bahan makanan yang sangat berlimpah bagi penduduk sekitar danau Victoria tersebut. Para penduduk sekitar danau seolah memang tak ingin mengabaikan sekawanan protein bergizi beterbangan bergitu saja di sekitar mereka, sehingga mereka selalu sigap untuk menangkap nyamuk-nyamuk yang beterbangan dan mengolahnya sebagai burger nyamuk, meski hasilnya tampak hitam seperti arang.

Kawanan nyamuk yang memenuhi ruang sekitar danau membuat hal ini seperti tak ada kesulitan sedikit pun dalam menangkapnya, karena cukup dibutuhkan panci atau wajan. Seluruh bagian masyarakat pun tampak tak ingin ketinggalan dalam memburu kawanan hama ini. Panci atau wajan yang telah diolesi minyak atau air mereka kibas-kibaskan dan tak lama kemudian hasilnya pun bisa mereka dapatkan. Nyamuk-nyamuk yang menempel di panci atau wajan langsung dikumpulkan hingga menyerupai adonan dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai burger untuk selanjutnya digoreng. Sebentuk burger diperkirakan terdiri dari sekitar 500.000 nyamuk (untuk lebih tepatnya bisa Anda hitung sendiri ... !!), dan tujuh kali lebih bergizi dibanding burger sapi biasa.


Bagi orang-orang yang mengutamakan diet dalam keseharian mereka, burger nyamuk ini bisa salah satu menjadi pilihan alternatif. Setiap desa di sekitar danau Victoria pun memiliki resep tersendiri dalam mengolah burger nyamuk ini, karena bagaimanapun cara penduduk sekitar mengolahnya, bentuknya akan tampak seperti burger.

Seorang pengguna Reddit dengan nama akun gaz7527 dilaporkan pernah mencoba burger nyamuk ini ketika ia berada di Mozambik, dan dikatakan bahwa rasanya "sangat hambar". Meski demikian, tetap jauh lebih sehat dibanding burger cepat saji. Bagaimana dengan Anda ... tertarik untuk mencoba rasanya?






Dapatkan artikel terbaru:

*Konfirmasi link akan segera dikirim melalui email Anda*
Tentang Blog: Ada Nyata
Artikel "Burger Nyamuk Bergizi Tinggi dari Afrika", diterjemahkan atau ditulis ulang oleh admin blog Ada Nyata dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan jika Anda tertarik dengan postingan di atas, dimohon untuk tak lupa mencantumkan juga nama blog Ada Nyata sebagai sumbernya. Thank's
« Sebelumnya
« Postingan Sebelumnya
Berikutnya »
Postingan Berikutnya »

1 Tanggapan untuk "Burger Nyamuk Bergizi Tinggi dari Afrika"

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete